WELCOME - SELAMAT DATANG - ENJOY READING

Merry Christmas and happy new year 2011

Search This Blog

Kesempatan Juara Masih Ada, Garuda Harus Bangkit

(inilah.com)
Pertandingan final leg kedua Piala AFF sebentar lagi. Bisa dibilang ini merupakan pertandingan yang berat untuk merengkuh gelar juara. Seperti yang kita ketahui, Indonesia ditekuk Malaysia pada final leg pertama dengan skor telak 3-0. Ditambah lagi mental pemain timnas yang down karena kekalahan itu.


Benar memang 3-0 adalah skor yang cukup jauh untuk dikejar. Tetapi ingat bola itu bundar. Segala sesuatu masih bisa terjadi. Lihat saja pada final liga champion 2005 liverpool vs AC Milan. Liverpool yang sudah tertinggal 3-0 berhasil bangkit untuk menyamakan kedudukan dan akhirnya meraih gelar juara. Jadi tidak ada sesuatu yang mustahil.

Meskipun begitu Malaysia tidak bisa dianggap remeh juga. Timnas mereka berhasil menahan imbang juara bertahan Vietnam di kandangnya. Jika Malaysia menerapkan formasi bertahan gerendel lagi seperti yang dilakukan saat bermain di kandang Vietnam, tentu Indonesia akan mengalami sedikit kesulitan.

Disinilah peran suporter sebagai pemain ke-12 sangat dibutuhkan. Mereka harus bisa membuyarkan konsentrasi timnas Malaysia dan membuat nervous pemain lawan. Sehingga memudahkan timnas Indonesia membuat gol. Kita harus jadikan aura Stadion Gelora Bung Karno sebagai tempat yang angker bagi timnas lawan. Nyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hikmat yang dapat menggetarkan hati dan semangat lawan. Buat lawan seakan-akan tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi ingat jangan meniru ulah suporter Malaysia yang sangat rendahan. Tunjukan bahwa kita adalah suporter yang sportif. Tunjukan bahwa kita adalah bangsa yang terhormat dan bermartabat. Tanpa tindakan curangpun kita masih bisa menang.

Terakhir mari kita doakan timnas Indonesia agar bisa menang dan membanggakan Indonesia. Kalah menang tidak jadi masalah. Para pemain harus bermain all out dan nothing to lose. Yang terpenting harus tetap semangat sampai peluit akhir dibunyikan. Buktikan Indonesia bisa menjadi juara dengan permainan fairplay.

Garuda di dadaku............ Garuda kebanggaanku................Ku yakin hari ini pasti menang

Related Post



5 comments:

Add to Google Reader or 
Homepage