WELCOME - SELAMAT DATANG - ENJOY READING

Merry Christmas and happy new year 2011

Search This Blog

5 Cara Membuktikan Rasa Nasionalisme Kita ( tanpa harus berperang)

rasa nasionalisme.image

Belakangan ini sering kita menjumpai beberapa berita yang membahas semakin panasnya hubungan negara tercinta kita Indonesia denga negara tetangga kita. Bahkan beberapa kelompok sempat melakukan beberapa hal yang membuat kejadian ini semakin memanas. Kemudian muncullah suara-suara yang meminta pemerintah kita untuk bertindak tegas bahkan menyerukan untuk berperang dengan negara tetangga. Padahal perang bukanlah jalan keluar yang baik untuk menyelesaikan hal seperti ini. Banyak contoh negara yang mengambil kebijakan untuk berperang tapi hanya menghancurkan bangsanya sendiri dan menyengsarakan masyarakatnya. Nasionalisme, itulah kata mereka yang menyerukan pemerintah untuk berperang, padahal terlepas apakah rasa nasionalisme mereka yang tergerak atau hanya emosi sesaat, sebenarnya banyak cara untuk membuktikan bahwa kita cinta tanah air Indonesia.
Berikut 5 cara untuk membuktikan rasa nasionalisme kita...........


  1. Janganlah buang sampah sembarangan. Ya dengan begitu negara kita akan terlihat bersih dan jauh dari kesan kumuh dan jorok. Ingat kebersihan suatu negara juga membuktikan bahwa pembangunan negara itu berhasil dan sedang berkembang kearah yang lebih baik. Mulailah dari lingkunganmu sendiri, jika semua orang sadar untuk berbuat hal ini niscaya akan tampak suatu perubahan yang sangat besar.
  2. Belilah produk buatan dalam negeri. Paling tidak dengan begini maka sektor usaha kita akan bertumbuh pesat dibarengi dengan munculnya usahawan-usahawan muda baru yang tentu saja dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran di negeri ini sehingga tidak lagi pergi keluar negeri untuk menjadi seorang TKI.
  3. Jangan beli barang bajakan. Jika kita melakukan hal ini maka kita sama saja sudah mematikan lahan penghasilan bagi para seniman kita dan tentu saja berdampak pada perekonomian negara kita.
  4. Berprestasi dalam bidang yang kita kuasai. Jika kalian pintar dalam bidang olahraga, seni, akademik, atau apapun maka tunjukkanlah prestasi kalian. Harumkanlah nama bangsa ini sampai keseluruh dunia. Buktikan bahwa negara kita adalah negara yang besar yang patut diperhitungkan dalam dunia Internasioanal.
  5. Lakukanlah hal yang positif. Yang terakhir ini memang mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk diimplementasikan. Namun jika memang ada niat dari dalam diri kita sendiri sebenarnya ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Salah satunya ya dengan menulis di blog seperti ini ^_^hehe.......! Selain mengasah diri kita untuk mengeluarkan segala ide-ide kita dalam bentuk tulisan, blog juga dapat digunakan sebagai media komunikasi seperti media massa. Jadi yang punya hobi menulis tidak ada salahnya untuk menulis pikiran-pikiran kalian di dalam blog.

So teman-teman ternyata rasa nasionalisme itu tidak selalu diwujudkan dengan cara berperang. Walaupun hal-hal yang saya sebutkan diatas merupakan suatu hal yang anda anggap kecil tetapi jika benar-benar diimplementasikan akan mempunyai dampak yang sangat besar bagi kemajuan bangsa dan negara kita. Tanpa diminta pun pasti negara-negara lain akan menghormati negara kita sebagai bangsa yang besar dan berdaulat. Ingat sesuatu yang besar pasti berawal dari sebuah hal yang kecil.

Mungkin teman-teman mempunyai cara yang berbeda untuk membuktikan rasa nasionalisme. Jadi tolong ditambahkan ya kalau misalnya masih kurang..^_^

.

Related Post



2 comments:

  1. Setuju, kang Prawira. bukti nasionalisme tidak hanya dgn perang angkat senjata, namun diwujudkan dlm perbuatan nyata seperti 5 hal di atas.
    tidak merugikan negara/tidak korupsi, jg jadi jalan utk patriotisme itu. betulkah?

    ReplyDelete
  2. Iya mas Ade masih banyak jalan lain untuk membuat negara kita menjadi negara yang disegani di seluruh dunia...
    Thanks atas comment dan masukannya ^_^

    ReplyDelete

Add to Google Reader or 
Homepage